Minggu, 12 Mei 2013

5 CEO TERBAIK DI DUNIA


Posisi Chief Executif Officer (CEO) menentukan nasib sebuah perusahaan dari hulu hingga hilir. Keberhasilan sebuah perusahaan, tidak akan lepas dari usaha seorang CEO dalam membesarkannya. kita menampilkan 5 CEO terbaik menurut situs businessinsider.com. Berikut artikelnya: 


1. Steve Jobs – Apple



 Steve Jobs mendirikan Apple pada 1976 bersama Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Meskipun begitu, kesemua anggota tim berada di luar perusahaan untuk menjalankan Apple Inc. Steve memperkenalkan Macintosh pada 1984. Hal ini merubah peta industri komputer personal pada saat itu dan membuat Apple berada di garis depan industri komputer. Meskipun begitu, Steve Jobs akhirnya keluar dari perusahaan lantaran pertengkaran internal.

Sejak saat itu, Steve Jobs mendirikan perusahaan sendiri dengan nama NeXT Computer. Steve juga membeli divisi grafik LucasFilm’s yang kemudian menjadi Pixar. Steve Jobs kembali ke Apple pada 1996. Pada dekade berikutnya, Steve Jobs membawa Apple pada puncak kejayaannya kembali dengan memperkenalkan iMac, iPod, iTunes, iPhone, dan iPad. Hal ini membuat Apple mendapatkan kapitalisasi pasar sebesar 326 milyar Dollar Amerika. Pada 2011, Steve Jobs mengundurkan diri dengan alasan kesehatan.


2. Jack Welch – GE



Gaya pengelolaan Jack Welch merupakan sesuatu yang melegenda. Dia mendapatkan julukan “Neutron Jack” untuk meluruskan GE pada 1980an. Filosofinya membuat perusahaan tersebut berada di posisi nomor satu dan dua di Industri. Jack Welch bergabung di GE pada 1960 sebagai insinyur kimia junior. Selama 20 tahun bersama perusahaan ini, dia berhasil membuat GE dari perusahaan manufaktur senilai 14 Milyar Dollar Amerika menjadi perusahaan konglomerat senilai 410 Milyar Dollar Amerika. Hal ini membuat GE menjadi perusahaan termahal dan terbesar di dunia.

Pada 1999, majalah Fortune menamainya “Manajer Abad Ini”. Jack Welch membuat beberapa perubahan dalam praktek bisnis Amerika, menempatkan stareholders di tempat pertama, dan menghentikan ribuan pekerja GE dalam urutan untuk pengarahan. “Tanggung jawab sosial utama bagi sebuah perusahaan adalah untuk menang,” tutur Jack Welch kepada majalah Fortune baru-baru ini.



3. Bill Gates – Microsoft



Bill Gates mendirikan Microsoft pada pertengahan 1970an bersama Paul Allen. Perusahaan ini merupakan pemain kunci berpengaruh pada pertumbuhannya untuk menjadi perusahaan terbesar teknologi di dunia. Bill Gates sering menuai kritik atas gaya manajemen bertahan yang semangat. Dia menetapkan kendali ketat atas seluruh strategi produk perusahaan miliknya dan secara agresif memperluas porto folionya. Beberapa produk yang penting bagi Microsoft, dikembangkan di bawah pengawasan Bill Gates, termasuk Microsoft Windows dan Microsoft Office.

Bill Gates mundur dari CEO Microsoft pada 2000. Bersama istrinya, Melinda, Bill Gates memfokuskan diri pada kegiatan sosial yang berada di bawah naungan Bill & Melinda Gates Foundation.



4. Jeff Bezos – Amazon



Jeff Bezos merupakan pendiri Amason.com yang merupakan sebuah toko buku online pada 1994. Sejak saat itu, Jeff Bezos menjadi pengusaha dot-com paling sukses dengan penghasilan Milyaran Dollar Amerika. Prestasi terbaiknya adalah mengembangkan situs Amazon.com dengan model bisnis yang luar biasa efisien. Dia mengadaptasi konsep pertama toko buku non-brick-and-mortar untuk semua barang. Jeff Bezos memulainya dengan mendiversifikasi CD, DVD, perangkat lunak, dan games komputer. Kemudian Jeff memperluasnya dengan menjual semuanya dengan cukup banyak.

Jeff Bezos membuat sebuah akuisisi besar sepanjang tahun beberapa perusahaan, termasuk Zappos, IMDb, Alexa Internet, dan Audible.com. Saat ini, Amazon.com memiliki kapitalisasi pasar sebesar 96 Milyar Dollar Amerika. Dengan nilai ini, membuat Amazon menjadi perusahaan retail online terbesar di dunia.



5. Jamie Dimon – J.P. Morgan



Jamie Dimon dijuluki Banker paling sedikit dibenci Amerika. Selama masa resesi, JP Morgan bernasib jauh lebih baik dari pada rekan-rekannya di Wall Street. Selama bank terpaksa menerima dana TARP, JP Morgan merupakan bank pertama yang membayar kembali dana tersebut. Hal ini terjadi ketika Jamie Dimon mengatur penjualan besar-besaran Bear Stearns ke JP Morgan pada Maret 2008.

Jamie Dimon melakukan manuver yang cekatan selama krisis ekonomi. Hal ini membuat Presiden Barack Obama dan Menteri Keuangan Timothy Geithner menghormati Jamie Dimon. Pada 2008, Barack Obama menuturkan, “Anda tahu, ingatlah dalam pikiran, meskipun banyak bank yang dikelola dengan baik, JP Morgan merupakan contoh yang baik, Jamie Dimon, CEO di sana, saya tidak memikirkan harus memberikannya hukuman untuk pengelolaannya yang baik dengan sebuah porto folio yang sangat besar.” Pada 2010, perusahaan yang Jamie Dimon pimpin ini mencatat pendapatan sebesar 102 Milyar Dollar Amerika.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More